"Setiap manusia punya cerita. Di balik tawa ada kegetiran. Di balik ratapan terselip harapan.
Hidup itu jalinan cerita. Manis di awal belum tentu bahagia. Pahit pun bukan kartu mati.
Kisah hidupku terus berlanjut. Entah sampai kapan."

Wednesday 23 March 2011

Siapa mau

Cuma setumpuk buku
buat apa ditangisi
Itu kata ibu
sia-sia meredam nelangsaku

Aku tahu
bagimu itu gunungan kertas
memenuh-menuhi tempat
Apa bedanya
dibagi-bagi buat yang mau
atau ditaruh di luar
buat pemulung

Tapi
itu bertahun-tahun uang jajanku
penuh cinta kuwujudkan buku
satu-satunya harta karunku

Kuliah di luar kota
berat hati kutinggal semua
rapi kutata di lemari
berharap segera jumpa kembali

Dua semester berlari
Aku pulang
tak ada lagi lemari
Mereka berebut harta karunku
begitu ibu bertanya 'siapa mau'

...

34 comments:

  1. Wahh..bener banget tuh..yang ga pake duit sendiri aja sayangnya kita bisa dalem banget, apalagi yang dibela-belain nabung dulu...

    Kunjungan balik..Saya follow :)

    ReplyDelete
  2. seperti saya juga,
    sekarang kalau ada uang jajan lebih,
    saya mulai beli buku,

    ya gak trima kalau smua dibuang,

    keep spirit mbak..!

    ReplyDelete
  3. yup, buku memang harta paling berharga. jagalah dia, untuk anak-anakmu nanti.

    *investasi nyata adalah buku

    ReplyDelete
  4. Saya masih bingung, jd buku2 peninggalan Mba Eha tersebut di bagikan ke siapa saja... Maksud saya, ga d buang ke arah yg mubazirkan...

    ReplyDelete
  5. Mr TM ... waktu aku pulang koleksi bukuku ludes ga satu pun tersisa. Kata ibu sepupu2 girang banget waktu dibolehin ambil yg mana aja.

    Biarpun beribu-ribu kali nelangsa gak mungkin aku minta mereka balikin apa yg udah dikasihkan sama ibuku :(

    ReplyDelete
  6. wah sedih banget ,buku yang kita kumpulkan dengan susah payah akhirnya leyap.klu ada waktu mampir keblog ane ya

    ReplyDelete
  7. padahal ndez udah ngarep dikasih bukunya,,,
    heheee

    sayang banget mbak bukunya, tapi semoga bisa lebih bermanfaat ditangan sepupu2nya ya mbak,,,

    ReplyDelete
  8. ah... buku yang didapatkan dengan penuh pengorbanan... akhirnya harus terbagi secara cuma-cuma...

    ReplyDelete
  9. Duh, jadi ingat waktu buku-buku saya hancur waktu kebanjiran dulu. Memang sedih banget.

    ReplyDelete
  10. ::: aduh....

    ::: aku sedih banget ngebaca puisi sederhana ini

    ::: soalnya aku sangat amat sayng pada buku2ku

    ::: dan aku takkan rela buku itu diperebutkan tanpa perpisahan yang pas T_T

    P.S. Jika sempat, mampir yah ke blogku di MAIN KATA ^_^ salammmm

    ReplyDelete
  11. Ikut sedih juga nih...
    Puisinya sangat menarik :)

    http://www.womenandperspectives.com

    ReplyDelete
  12. Hebat kaka, kalao sarah belum bisa beli buku sendiri, tapi kalao bunda mau kasih ke orang lain seperti buku smp sarah sarah juga punya perasaan sedih. Tapi mau apa lagi jika memang ada yang lebih membutuhkan itu lebih baik selama kita jarang membacanya.

    ReplyDelete
  13. kenapa bisa seperti itu?
    kasihan bukunya...padahal disitu terdapat banyak ilmu yang sangat berharga dan juga sebuah kenangan...

    ReplyDelete
  14. waahh... sayang bukunya.. sama ni, skrng aku juga lagi seneng2nya beli buku.. di tunggu ya followbackny.. hehe

    ReplyDelete
  15. sesuatu yang didapat dari hasil perjuangan emang gak akan rela jika direbut dari kita hiks hiks hiks *loh kok jadi nangis sih? hehehe*

    puisinya keren mbak...:D

    ReplyDelete
  16. halllaaah, tragis amat tuh buku2 di wariskan tanpa ijin yg empunya....

    ReplyDelete
  17. sedih banget rasanya ya mbak, saya juga ngerasain hal yang sama. sedih memang

    ReplyDelete
  18. relakan aja :p
    siapa tau bermanfaat buat orang lain..
    ilmu itu dibagi, jangan disimpan sendiri.
    sapa tau yang baca buku2 itu dapat ilmu dari buku mbak yang mereka baca

    ReplyDelete
  19. Semoga dengan diberikan buku itu kepada yang lebih membutuhkan, kamu juga bisa dapat pahala. Jadi kalau emang udah gak dipake lagi,,akan lebih baik disumbangkan,,walaupun pasti berat ya,,apalagi semua buku itu dibeli dengan hasil sendiri.

    ReplyDelete
  20. mbak Eha... aku datang berkunjung... met istirahat ya...

    ReplyDelete
  21. Haai, makasih smuanya ^.^

    Sarah, Geafry n Lia ... semuanya koleksi novel (klasik n kontemporer), karya sastra, cerpen (bukan buku peljrn bekas) n banyak di antaranya skrg udah gak diterbitkan lagi.
    rela? yaa terpaksa .. hahahaha ..

    ReplyDelete
  22. banyak buku pelajaranku yang udah kupakai buat mecon dulu
    hehehehe

    ReplyDelete
  23. aku mau aku mau. hehe

    ReplyDelete
  24. walau siapa mau kata ibu..
    satu per satu buku itu..
    tetap bisa dibaca dalam hatiku.

    ^_^

    ReplyDelete
  25. koleksi buku-bukuku disimpan di kepala.

    ReplyDelete
  26. mungkin ibu ngga tahu soal buku itu

    ReplyDelete
  27. aku juga pasti sedih banget tuh...huhuhuhu, buku adalah harta karun tak ternilai. :( Pa kabar Mba Evy?

    ReplyDelete
  28. Dari Kalimantan sampai Jogja, dan akhirnya berlabuh di Magelang mbak eha, semampunya tak bawa semua buku-buku yg saya miliki. Ada buku science (Intisari, NatGeo), novel, rohani, old magazines (Pertiwi, Kartini, D&R), TTS, dll, sampai majalah2 yg bagi beberapa orang hanya dianggap sebagai majalah syur belaka.

    Semuanya harta yg tak ternilai bagiku...

    Turut bersimpati mbak eha...

    ReplyDelete
  29. salam kenal ya ...

    ReplyDelete
  30. jadi inget buku2 yg diberikan ke org lain oleh mama tanpa sepengetahuankuuuuu

    ReplyDelete
  31. buku merupakan sumber ilmu yang di warisi turun temurun :) sungguh indah bila di jadikan kata mutiara :)

    ReplyDelete
  32. tulisanmu bagus-bagus eha. banyak kisah yang menyedihkan juga ya...

    ReplyDelete

Yuk ikut mewarnai perjalanan hidupku